Dra. Diah Listyorini

Mengajar di SMPN 2 Katapang, Kab. Bandung. Alumni MG kelas WJLRC Bandung...

Selengkapnya
Mutiara Hikmah

Mutiara Hikmah

Rabu, 16 Mei 2018

Bersama Bapak Ustad M. Zaini di Masjid Al Muhajirin, Gandasoli Indah Katapang

Hukum berpuasa bulan Ramadhan : “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al Baqarah : 183).

Ada tiga kelompok orang yang didoakan dengan kejelekan oleh malaikat Jibril dan diaminkan oleh Rasulullah Shallallahu Allaihi Wasallam, mereka itu adalah :

1. Seorang hamba yang melewati bulan Ramadhan tanpa mendapatkan ampunan-Nya.

2. Seorang hamba yang mengetahui kedua orang tuanya masih hidup, namun itu tidak membuatnya masuk Jannah (karena tidak berbakti kepada mereka berdua).

3. Seorang hamba yang disebutkan di hadapannya nama Nabi Shallallahu Allaihi Wasallam, tetapi ia tidak bershalawat kepadanya.

Hikmah yang bisa dipetik :

1. Siapa pun yang mempunyai kesempatan untuk memuliakan-Nya dengan melakukan qiyaamul lail (Tarawih) dengan keikhlasan, tetapi dia tidak mengambil kesempatan itu, maka Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan menghinakannya.

2. Memuliakan kedua orang tua berarti memuliakan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Karena itu, Allah Subhanahu Wa Ta’ala menghubungkan berbuat baik kepada keduanya dengan bertauhid kepada-Nya. Orang yang diberikan kesempatan untuk berbuat baik kepada kedua orang tuanya, apalagi kepada orang tua yang sudah lanjut usia, tetapi anak itu tidak menggunakan kesempatan ini, maka pantaslah jika dia dihinakan dan direndahkan kedudukannya.

3. Bershalawat kepada Nabi Shallallahu Allaihi Wasallam adalah sebuah pengagungan kepadanya. Siapa pun yang memuliakan Rasulullah Shallallahu ‘Allaihi Wasallam, niscaya Allah akan memuliakannya, meninggikan derajatnya di dunia dan akhirat. Siapa pun yang tidak memuliakannya, maka Allah akan menghinakannya.

Semoga Allah memudahkan kita untuk mendapatkan hidayah bulan Ramadhan. Aamiin

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bu diah emang hebaaat, tausiah di awal Ramadhan.

17 May
Balas

Makasih, Bu Iis. Dengarkan terus ditulis lagi ... biar ngak lupa.

17 May

Wah sudah memberikan pencerahan Ruhani, terimakasih salam literasi

17 May
Balas

Mencoba menuliskan kembali tsausiah saat tarawih. Terima kasih apresiasinya, Pak Mulya. Salam literasi kembali.

17 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali